Rabu, 12 Agustus 2009

Kecipratan & Hubungannya Dengan Mendatangkan Pengunjung

Rabu, 12 Agustus 2009
Hampir semua Semua marketer membicarakan bagaimana mendatangkan traffic/pengunjung ke situsnya.Tentu hal ini tidak aneh sama sekali.

No traffic = No money!

Ada banyak cara mendatangkan traffic ke situs kita, dan saya tidak akan membahas semuanya di sini. Jujur saja, saya pun tidak tahu SEMUA cara. Yang saya tahu hanya beberapa cara.

Namun ini tidak masalah. Karena lebih baik anda FOKUS di beberapa cara saja dibanding anda belajar semua cara dan akhirnya kebingungan dan tidak punya waktu untuk mempraktekkan apa yang telah anda pelajari.

FOKUS is KEY!

Salah satu cara untuk mendatangkan traffic adalah dengan blog commenting, seperti yang telah saya jelaskan di sini.

Secara singkat, blog commenting artinya meninggalkan komentar di blog orang lain (sebaiknya yang bidangnya sama dengan bidang kita). Tujuan dari blog commenting adalah untuk mendatangkan traffic ke situs kita.
Blog Commenting Plus

Untuk post kali ini, saya mau sharing sebuah metode yang saya sebut “Blog Commenting Plus“.

“Blog Commenting Plus” pada dasarnya adalah kombinasi dari:

- blog commenting dan social bookmarking

ATAU

- blog commenting dan social networking

ATAU

- blog commenting dan social bookmarking dan networking

Kalau anda belum tahu apa itu social bookmarking, social bookmarking adalah aktivitas yang me-submit situs yang kita sukai ke situs social bookmark seperti Digg.com, StumbleUpon.com, Technorati.com, dll.

Social networking adalah sharing melalui situs seperti Facebook.com dan Twitter.com.

Tujuan dari social bookmarking dan social networking (untuk kita sebagai marketer) sama dengan blog commenting, yaitu ujung-ujungnya untuk mendatangkan pengunjung ke situs kita.

Jadi apa sebenarnya “Blog Commenting Plus” ini?
Secara Garis Besar, Netode “Blog Commenting Plus” Adalah Sbb:

1. Anda tinggalkan komentar di blog orang lain

2. Anda melakukan social bookmark blog post orang tsb yang berisi komentar anda DAN/ATAU anda sharing blog post orang tsb lewat situs social network

SELESAI.

Simple kan?

Anda mungkin bertanya:

“Apa yang terjadi ketika saya menjalankan Blog Commenting Plus?”

“Mengapa saya harus melakukan social bookmark blog post orang lain? Apa untungnya buat saya?”

Jawaban saya:

Memang betul anda mempromosikan blog post orang lain. Namun ketika anda mempromosikan (lewat social bookmark atau social network) blog post orang tsb, anda secara tidak langsung mempromosikan situs anda sendiri juga.

Lho koq bisa?

Karena dengan mempromosikan blog post orang lain yang berisi komentar anda, ketika pengunjung datang ke blog orang tsb, anda bisa “kecipratan” pengunjung.

Artinya sebagian pengunjung akan datang ke situs anda.
Syarat & Ketentuan Berlaku

NAMUN untuk menjalankan metode “Blog Commenting Plus” dengan baik dan efektif, anda harus:

1. Meninggalkan komentar SECEPAT mungkin setiap ada blog post baru

Semakin cepat anda meninggalkan komentar di blog orang lain, semakin besar pula kesempatan anda mendapatkan “cipratan” traffic dari blog tsb.

Mengapa?

Karena kita manusia membaca dari atas ke bawah, dan blog comment yang paling awal akan muncul di paling atas. Kita manusia juga hanya mau membaca beberapa kalimat/paragraf yang paling awal, selanjutnya kita akan menjadi malas dan “scan” dengan cepat kebawah.

Artinya kalau komentar anda adalah komentar ke 30 atau 50, kemungkinan besar tidak akan dibaca oleh siapapun (kecuali si pemilik blog).

Lantas bagaimana caranya supaya bisa keep up to date dengan blog post terbaru?

Anda bisa menggunakan sebuah software gratis Comment Sniper.

2. Meningkalan komentar yang BERBOBOT yang memberikan nilai tambah kepada blog post tsb

Kalau komentar anda tidak berbobot atau komentar anda tidak memberikan nilai tambah kepada blog post tsb, sudah hampir pasti pengunjung yang berada di blog tsb yang telah selesai membaca posting tsb tidak akan klik link anda (yang anda tinggalakan di bagian URL di blog comment form).

Seperti kebanyakan orang Indonesia ketika meninggalkan komentar di blog orang lain menulis “Pertamax” atau sejenisnya. Komentar seperti ini sudah hampir pasti tidak akan di klik oleh si pengunjung.

Jangankan di klik oleh pengunjung, di approve oleh pemilik blog saja belum tentu…

Satu tip untuk meninggalkan komentar yang berbobot adalah dengan memberikan/menambahkan tips yang bermanfaat sesuai topik blog post tsb.

Sekarang anda sudah mengetahui metode “Blog Commenting Plus”, lalu what next?
Apa Langkah Berikutnya?

Langkah berikutnya adalah:

1. Meninggalkan komentar yang BERBOBOT di bawah post ini (dan post orang lain)SECEPAT mungkin.

2. Sharing blog post saya dan orang lain yang anda merasa bermanfaat lewat situs social networking (Facebook, Twitter) dan situs social bookmarking (Digg, StumbleUpon, Technorati). Untuk sharing blog post saya SANGAT MUDAH. Anda hanya perlu klik “Bookmark” atau “Share on Facebook” atau “tweet” di bawah ini:


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © ww.blogspot | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog